Sikap (S)
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan original orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat, dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalilasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengatahuan (P)
- Menguasai keilmuan dasar psikologi bagi anak berkebutuhan khusus.
- Menguasai keilmuan dasar medis dalam bidang pendidikan khusus.
- Menguasai kemampuan ortopedagogik anak berkebutuhan khusus.
- Menguasai kemampuan ortodidaktik pendidikan khusus.
- Mampu menganalisis perkembangan anak berkebutuhan khusus dari aspek kognitif, Bahasa, motorik, sosial dan emosional.
- Memiliki kemampuan dan kepribadian sebagai seorang pendidik pendidikan khusus.
- Menguasai dasar-dasar pengelolaan pendidikan khusus, diantaranya pendidikan khusus dalam setting SLB dan sekolah inklusif.
Keterampilan Umum (KU)
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan luar biasa/khusus.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi perkembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian pendidikan luar biasa/khusus berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan: solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun diskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengungahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang pendidikan luar biasa/khusus, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas perncapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supevisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamain kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus (KK)
- Mampu menemukenali (identifikasi dan asemsen) anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi asesmen.
- Mampu merencanakan, melaksanaakan dan mengevaluasi pembelajaran pada setiap jenis dan jenjang pendidikan khusus yang dilandasi dengan nilai-nilai humanistik dan hak asasi manusia.
- Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran individual untuk anak berkebebutuhan khusus sesuai dengan karaktersistik anak.
- Memiliki kemampuan memberi layanan kekhususan sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus.
- Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program vokasional sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat anak berkebutuhan khusus
- Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan khusus, baik untuk pendidikan formal maupun pendidikan non formal.
- Memiliki kemampuan membimbing anak berkebutuhan khusus dan orangtua.
- Memiliki kemampuan mengimplementasikan dasar-dasar administrasi kependidikan dalam bidang pendidikan khusus.
- Memiliki keterampilan berfikir kreatif dan inovatif untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan.